• Berita Terbaru Teknologi

Mengapa Kosmetik Demikian Utama?

Awalannya aku yaitu orang yang cuek dalam tampilan serta termasuk juga malas dalam lakukan perawatan kulit, namun sejak aku ikuti beragam kesibukan sepanjang di bangku kuliah, aku mulai alami problem pada kulit terlebih kulit muka : mulai kusam, berminyak, hingga berjerawat. Pada akhirnya aku mengerti kalau perawatan kulit sangat utama.

Kulit adalah susunan terluar dari badan yang memerankan utama dalam membuat perlindungan badan pada kuman serta kehilangan air yang terlalu berlebih, penyusunan suhu, sensasi, serta sintesis vitamin D. Kulit yg tidak tertangani maupun tidak terlindung bakal rusak, rusaknya kulit yang kronis bakal mengakibatkan terbentuknya jaringan parut, mengakibatkan kulit beralih warna (contoh : spot ages), serta depigmentasi yang beragam antar populasi. Oleh karenanya kosmetik yaitu satu diantara langkah untuk menghindar hal itu (Proksch et al, 2008).

Kosmetika yaitu bahan atau sediaan yang ditujukan untuk dipakai di bagian luar badan manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, serta organ genital sisi luar) atau gigi serta mukosa mulut terlebih untuk bersihkan, mewangikan, merubah tampilan serta/atau melakukan perbaikan bau tubuh atau membuat perlindungan atau pelihara badan pada keadaan baik. (Ketentuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1176 th. 2010 mengenai Pemberitahuan Kosmetik)

Kosmetik yang terjamin dalam sisi kwalitas serta keamanan yaitu kosmetik yang legal yakni yang sudah tercatat di Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM). Gosip kosmetik makin berkembang bukan sekedar dalam sisi kwalitas serta keamanan namun juga dalam sisi kehalalan. Urgensi kosmetik halal jadi mutlak, terlebih untuk beberapa muslimah yang sudah pasti dalam semua segi kesehariannya mempunyai dasar kalau halal is my life. Di Indonesia, referensi kosmetik halal yaitu ada pernyataan kehalalan lewat sertifikat halal dari LPPOM MUI lewat rangkaian bagian audit dari MUI, baik penilaian pada bahan baku ataupun sistem membuatnya termasuk juga sistem quality control, perlengkapan, bangunan serta personil yang ikut serta dalam produksi kosmetik itu.

Fatwa MUI : pemakaian kosmetik untuk kebutuhan berhias hukumnya bisa dengan prasyarat bahan yang dipakai halal serta suci, diperuntukkan untuk kebutuhan yang sesuai sama syariat serta tidak membahayakan.

Satu diantara pelopor product kosmetik yang memprioritaskan prinsip kosmetik halal yaitu WARDAH cosmetic, yang sudah memperoleh sertifikat halal dari MUI. WARDAH cosmetic menggunakan beberapa bahan yang berkwalitas serta sudah pasti terang hukum kehalalannya karna sebagian bahan yang umum dipakai dalam kosmetik banyak yang disebut titik gawat kehalalan seperti lemak, kolagen, elastin, ekstrak plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, serta hormon. Beberapa bahan itu begitu riskan karna dapat jadi datang dari lemak hewan yang diharamkan. Untuk mengidentifikasi kosmetik halal dapat juga diliat dari daftar ingredient yang terdaftar dalam product itu, website ini sudah menerbitkan daftar komplit bahan halal, haram, serta beberapa bahan yang digolongkan jadi mashbooh atau butuh ditelusur selanjutnya (questionable).

Baca juga Harga Kosmetik, Kosmetik Wardah dan Pemutih Wajah Disini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *