• Berita Terbaru Teknologi

Karang-karang putih tampak terang saat sinar matahari menembus perairan Pulau Kri di Raja Ampat, Papua Barat. Karang putih di kedalaman 4 mtr. itu dapat segera tampak dari atas sekoci tanpa ada butuh menyelam. “Warna putih itu sisi dalam karang yang telah terbelah. Karang tergerus baling-baling mesin kapal pesiar MV Caledonian Sky, ” kata Kepala Seksi Penanggulangan serta Pemulihan Lokasi II Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan, Yanuar Arifin, Kamis 16 Maret 2017 lantas.

Hari itu, ia berbarengan Tempo serta beberapa anggota rombongan lain mengecek rusaknya karang di perairan Raja Ampat, Papua Barat. Kapal pesiar berbendera Bahama itu kandas sesudah merampungkan perjalanan wisatanya pada 4 Maret lantas. Kapal pesiar punya operator tour Noble Caledonia itu kandas saat akan menuju Bitung, Sulawesi Utara. Caledonia Sky berlayar dari New Britain Island, pulau di timur daratan Papua Nugini, pada 25 Februari 2017, lantas menuju Manila dengan berkunjung di Raja Ampat serta Bitung.

Kementerian Lingkungan mengatakan, perkiraan awal, seluas 1, 3 hektare terumbu karang rusak. Diluar itu, sekurang-kurangnya delapan genus karang hancur serta patah berkeping-keping. Berdasar pada pantauan Tempo, karang berupa silinder maupun batu patah serta terbelah. Memiliki bentuk seperti pohon yang terbelah sesudah digergaji.

Kepala Syahbandar serta Otoritas Pelabuhan Sorong, Johnny Rumbu Silalahi, mengira kapal kandas akibat nakhoda Kapten Keith Michael Taylor tidak mempertimbangkan arus yang kencang waktu itu. Johnny menyampaikan cuaca hari itu cerah, tetapi arus deras. “Kalau nakhoda mempertimbangkan arus, semestinya ia dapat mengatur kapal untuk hindari karang, ” kata dia.

Tempo datang ke tempat peristiwa memakai kapal service navigasi kapal negara Kofiau (KN Kofiau). KN Kofiau mesti parkir di kedalaman 20 mtr. lantaran kapal navigasi itu mempunyai draft (sisi kapal yang terbenam didalam air) 3, 2 mtr.. Untuk mendekati karang yang rusak, tim memakai sekoci yang mempunyai draft 1, 5 mtr.. Kedalaman sisi terumbu karang cuma 4 mtr.. Caledonian Sky kandas lantaran mempunyai draft 4, 2 mtr..

Perlu sepuluh jam untuk keluarkan Caledonian Sky. Kapal menunda Audreyob Tanjung Priok punya Tubuh Nasional Pencarian serta Pertolongan pernah berupaya menarik kapal itu. Namun Caledonian Sky yang berbobot 4. 200 gross tonnage sangat berat buat ditarik kapal menunda itu. Tanpa ada turunkan 102 turis serta 79 anak buah kapalnya, Caledonian Sky berupaya keluar dari karang dengan memakai mesin serta baling-balingnya sendiri.

Sesudah terlepas, kapal itu diizinkan keluar dari perairan Raja Ampat setelah menyetujui kerugian akibat insiden itu dikerjakan oleh asuransi. Johnny menyampaikan timnya melepas kapal lantaran dengan cara ketentuan internasional kapal cuma bisa ditahan lantaran argumen cuaca serta ketentuan pengadilan. “Para turis itu dapat sakit, atau kehabisan bahan makanan untuk perjalanan apabila kapal ditahan. Ini kan bahaya, ” kata Johnny.

Baca Juga Tentang Harga Semua Produk di  : Temukan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *