• Berita Terbaru Teknologi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan ada 1, 28 juta keluarga yang terima pertolongan pangan non tunai berbentuk beras sejahtera (rastra). Nanti, penerima pertolongan pangan bakal memperoleh Rp 110. 000 per bln. lewat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Khofifah menyatakan penerima pertolongan ini adalah program pemerintah yang lama. Bedanya, kwalitas rastra yang didapatkan ke penerima ini semakin bagus daripada yang lama.

” KPM (keluarga penerima faedah) ini dia yang dahulu terima rastra itu loh. Nah, dahulu kan terima rastra permintaan, terima ya telah opsinya satu beras itu. Terkadang rekan-rekan temukan kutu, terkadang rekan-rekan temukan berjamur, ” tutur Khofifah sela-sela acara BPNT di Cibubur, Jakarta, Kamis (23/2).

Tiap-tiap KKS diisi voucher duit sejumlah Rp 1. 890. 000 serta diberikan pada Program Keluarga Harapan (PKH). Kartu itu tak dapat di ambil segera namun bertahap. Tiap-tiap bln., pemerintah cuma mengucurkan Rp 110. 000. Cek Harga Sembako.

” Bila umpamanya Rp 110. 000 itu tak habis, mereka dapat pakai hari lain, minggu lain bahkan juga bln. selanjutnya, akan tidak hangus. Walau tiap-tiap bln. di-top up, tiap-tiap bulannya itu terakumulasi, ” tuturnya.

Diluar itu, lanjut Khofifah, KKS itu bisa dipakai keluarga penerima faedah untuk beli bahan pangan ditempat pembelian pertolongan pangan yang diberi nama elektronik warung gotong royong (e-Warong). E-Warong bisa berbentuk agen bank, pedagang atau pihak lain yang bekerja sama juga dengan bank inisiator yaitu PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk, PT Bank Mandiri Persero Tbk serta PT Bank Tabungan Negara Tbk.

” Membuat kartu ini kan tak ada APBN-nya. Membuat kartu oleh CSR BUMN, lalu sistem transfer dana pemerintah itu juga zero biaya. Orang-orang yang bertransaksi juga zero biaya. Jadi ini sesungguhnya free biaya untuk APBN, ataupun APBD yang mengintegrasikan program ini. Namun, costnya dicover operasional biaya himbara, ” ujarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *