• Berita Terbaru Teknologi

Aksi Korea Utara yang selalu ngotot meneruskan program pengembangan rudal serta senjata nuklirnya bikin Amerika Serikat (AS) jengkel, terlebih negara yang di pimpin Kim Jong-un itu meremehkan seruan sekutu dekatnya, China.

Ditulis laman time. com, Jumat (5/5), untuk menghimpit pengembangan senjata mematikan itu, AS semakin gencar lakukan pendekatan pada semuanya negara didunia untuk menjauhi Korea Utara. Indonesia serta negara-negara di Asia Tenggara disuruh turut berhimpun di dalamnya.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menekan pemerintah Indonesia ataupun negara-negara yang tergabung dengan Asean untuk mensupport sanksi pada Korea Utara, dan menghindar diplomat dari negeri itu lakukan usaha untungkan dalam mensupport program senjata mereka.

Tillerson juga sudah mengundang menteri luar negeri dari 10 negara anggota Asean, maksudnya adalah untuk mendorong mereka supaya kurangi jalinan diplomatik dengan Pyongyang.

” Hingga Korea Utara tak memperoleh keuntungan dari channel diplomatik mereka atas ambisi nuklir serta rudalnya, ” tutur petinggi senior Kementerian Luar Negeri AS Patrick Murphy.

Ini adalah aksi paling baru yang dikerjakan pemerintahan Trump untuk memperoleh support internasional untuk menghimpit Korea Utara dengan cara diplomatik serta ekonomi. Pasti maksud intinya yaitu menghindar program senjata nuklir sebelumnya jadi ancaman riil untuk tanah Amerika.

Di samping China, sekutu tradisional Korea Utara serta mitra dagang paling utama, sebagai kunci paling utama dampak internasional, intinya negara di lokasi Asia Tenggara yang mempunyai jalinan diplomatik dengan Pyongyang dan ikatan perdagangan taraf kecil. Dalam laporan paling akhir PBB temukan diplomat Korea Utara memainkan kesibukan komersial kunci yang dilarang resolusi Dewan Keamanan dalam menghindar masuknya tehnologi serta pendapatan yang mensupport program persenjataan mereka.

” Korea Utara di banyak negara ada hadirnya diplomatik yang pasti melampaui keperluan diplomatik mereka, ” tutur Murpy pada awak wartawan.

Dia juga mengatakan, Korea Utara sudah jadi ancaman riil untuk negara-negara di Asia Tenggara selesai terbunuhnya kakak tiri Jong-un, Kim Jong-nam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *