• Berita Terbaru Teknologi

Pemerintah pusat bakal menanggung serta memfasilitasi keinginan Pemerintah Daerah (Pemda) Papua berkaitan pembagian divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 %.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan sudah berjumpa dengan Menteri Koordinator Bagian Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pagi ini. Dalam pertemuan itu, Menko Luhut menanggung Pemda bakal memperoleh 10-20 % divestasi dari keseluruhan keharusan divestasi Freeport.

” Pak luhut katakan jamin kalau Papua bisa saham nilainya 10-20 % dipunyai oleh pemerintah propinsi, kabupaten, serta yang memiliki hak ulayat, ” kata Eltinus, di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Eltinus menerangkan, sebagai pemegang ulayat atas tanah serta sumber daya Papua, semestinya memanglah Pemda Papua memperoleh jatah divestasi itu. Sesaat bekasnya bakal diberikan ke pemerintah pusat. ” Bekasnya pemerintah pusat, ” ucap dia.

Beberapa Haul Truck dioperasikan di ruang tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tetapi untuk mekanismenya, Eltinus mengatakan, dianya belum dapat menjabarkannya dengan cara detil. Apakah pemda mesti membelinya dengan harga normal atau tak. ” Seperti apa bakal kita atur. Dasarnya kami hasrat untuk untuk saham itu sebagai pemegang hak ulayat kompensasi yang memiliki gunung tanah dan sebagainya, ” terang dia.

Eltinus mengharapkan, pemda bakal memperoleh jatah optimal dari yang dijanjikan Menko Luhut yaitu 20 %. Hal semacam itu dikatakannya lantaran nanti divestasi itu bakal diberikan pada 28 kabupaten, satu kota, serta penerima ulayat.

” Bila diberi 20 % lebih sukur, ada provinsinya ada 28 kabupaten serta satu kota serta yang memiliki hak ulayatnya ada sendiri, ” pungkas dia.

Baca Juga Harga Tentang : Fashion Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *