• Berita Terbaru Teknologi

Asupan makanan bergizi untuk ibu hamil – Ketika memiliki kandungan, konsumsi gizi yang masuk ke pada badan tak cuma punya pengaruh pada kesehatan Ibu namun juga janin didalam kandungan. Semua nutrisi yang dibutuhkan janin untuk berkembang diperoleh lewat makanan serta suplemen yang Ibu mengkonsumsi. Si kecil bakal menaruh nutrisi yang diperoleh ketika dalam kandungan untuk penuhi keperluan nutrisinya di sebulan pertama kehidupannya.


Tentu Ibu memperoleh anjuran dari dokter kandungan yang umum Ibu kunjungi atau lewat research yang Ibu kerjakan sendiri tentang makanan apa yang baik untuk dikonsumsi serta vitamin atau suplemen apa yang dibutuhkan sepanjang masa kehamilan. Beberapa besar keperluan nutrisi yang Ibu butuhkan sepanjang hamil dapat Ibu peroleh dari beragam sumber makanan, khususnya buah-buahan, sayuran, dan serat makanan. Namun Ibu akan memerlukan penambahan untuk sebagian type nutrisi. Oleh karena itu vitamin penambahan dengan cara teratur disarankan untuk Ibu hamil. Tentu Ibu butuh berkonsultasi apalagi dulu dengan dokter Ibu saat sebelum konsumsi suplemen apa pun.


Di bawah ini sebagian nutrisi utama yang mensupport perubahan si kecil sepanjang dalam kandungan :


Kalsium


Kenapa utama ??? Kalsium bertindak besar untuk pembentukan tulang, serta tersebut peran kalsium dalam perubahan si kecil sehari-harinya. Bila konsumsi kalsium dari makanan yang dikonsumsi oleh Ibu tak memenuhi, jadi si kecil bakal mengambil kalsium dari tulang Ibu, tentu ini bukanlah hal yang baik lantaran Ibu juga memerlukan kalsium. Bila Ibu kekurangan konsumsi kalsium sepanjang memiliki kandungan, resiko osteroporosis bakal bertambah pada masa yang akan datang.


Jumlah yang diperlukan : 1000-1300 mg/hari, sesuai dengan umur Ibu.


Sumber : Dapat didapat dari product olahan susu, sebagaimana susu rendah lemak, yogurt, serta keju. Dapat pula diketemukan di juice jeruk serta sereal yang diperkaya dengan kalsium. Calcium juga terdapat dalam vitamin atau suplemen ibu hamil.


Kenapa utama untuk si kecil : Kalsium bangun serta membuat tulang dan gigi. Kalsium memegang fungsi utama dalam system syaraf, peredaran darah, serta otot.


Zat Besi


Kenapa utama : Nyaris tidak mungkin untuk Ibu untuk penuhi keperluan zat besi sepanjang masa kehamilan. Argumen intinya yaitu, saat Ibu memiliki kandungan volume darah Ibu bertambah lantaran butuh penuhi keperluan darah untuk janin ibu. Banyak Ibu hamil yang alami anemia kekurangan zat besi, satu keadaan di mana sel darah merah yang tak mecukupi.


Jumlah yang dibutuhkani : 27 mg/hari.


Sumber : Daging merah serta daging unggas tanpa ada lemak, ikan, bayam, buah yang dikeringkan, serta kacang-kacangan adalah sumber kaya zat besi. Banyak type sereal yang diperkaya dengan zat besi. Zat besi juga terdapat dalam vitamin serta suplemen spesial Ibu hamil.


Kenapa utama untuk si kecil : Lainnya untuk perubahan otot (Ibu juga memerlukan zat besi untuk perubahan otot Ibu) si kecil memerlukan konsumsi zat besi untuk menghasilkan sel darah merah serta bertindak dalam perubahan otak. Zat besi akan kurangi resiko kelahiran prematur serta bayi dengan berat tubuh rendah.


Folat serta Asam Folat


Kenapa utama : Asam Folat, yang disebut kelompok Vitamin B, bisa menghindar kelainan pada perubahan otak serta tulang belakang si kecil. Lainnya itu, Asam Folat dapat juga menghindar Ibu terserang serangan jantung serta kanker. Folat dengan cara alami ada dalam sebagian type makanan, namun badan tak bisa memakai folat semudah asam folat.


Jumlah yang diperlukan : 600 – 800 mcg/hari. Idealnya dikonsumsi sekurang-kurangnya satu bulan saat sebelum rencanasi serta sepanjang kehamilan. Argumen kenapa asam folat baiknya dikonsumsi saat sebelum kehamilahn yaitu lantaran tulang belakang serta otak mulai tumbuh semenjak minggu-minggu awal kehamilan, malahan sewaktu Ibu belum sadar bahwa Ibu tengah memiliki kandungan. Bila Ibu mempunyai anak yang terserang kelainan tabung saraf atau neural-tube defect (NTD) serta mau mempunyai anak lagi, baiknya tanyakan dengan dokter apalagi dulu.


Sumber : Sereal serta type roti yang diperkaya dengan asam folat. Dengan cara alami juga ada pada sayuran hijau (sebagaimana bayam), anggur, jeruk, kacang-kacangan, juga kacang polong. Vitamin kehamilan juga memiliki kandungan asam folat.


Kenapa utama untuk si kecil : Asam folat menolong menghindar terjadinya kelainan tabung saraf (neural-tube defect) sebagaimana spina bifida serta anencephaly. Pada tahun 1990, Amerika Serikat menghimbau supaya beberapa produk sereal diperkaya dengan asam folat yang dapat dibuktikan dapat turunkan resiko kelainan otak seputar 25 %. Penelitian juga menunjukkan bahwa 50 % masalah kelainan tabung saraf (neural-tube defect) dapat dihindari bila Ibu konsumsi suplemen yang memiliki kandungan asam folat saat sebelum serta di awal-awal saat kehamilan, sebagai penambahan dari sumber makanan keseharian. Kekurangan asam folat juga tingkatkan kemungkinan bayi lahir prematur serta berat tubuh lahir rendah.


DHA


Kenapa utama : DHA atau Docosahexaenoic Acid adalah salah satu lemak omega-3 yang utama untuk perubahan otak si kecil. Malahan DHA adalah komponen lemak paling utama di otak.


Jumlah yang diperlukan : Belum ada referensi konsumsi DHA harian yang resmi, tetapi beberapa pakar merekomendasikan untuk konsumsi DHA seputar 200 – 300 mg/hari untuk Ibu hamil serta menyusui.


Sumber : DHA dapat diketemukan pada type ikan laut dingin, sebagaimana ikan salmon, tuna, kod hitam, sarden, serta ikan yang lain sebagaimana ikan lele serta udang. Lainnya itu, DHA juga ada pada daging, telur serta suplemen minyak ikan.


Kenapa utama untuk si kecil : DHA yaitu nutrisi utama dalam perubahan otak si kecil sepanjang didalam kandungan serta terutama sepanjang enam bln. pertama selepas kelahiran. Lainnya itu, DHA penting juga untuk perubahan pandangan si kecil, terutama pada manfaat retinanya.


Protein


Kenapa utama : Umumnya orang terasa lebih bertenaga saat mereka konsumsi protein yang pas. Si kecil yang tengah tumbuh juga memerlukan daya yang dihasilkan dari protein.


Jumlah yang diperlukan : 71 gr/hari.


Sumber : Protein dapat diketemukan pada daging tanpa ada lemak, daging unggas, ikan, telur, susu serta hasil olahannya, kacang yang dikeringkan, tahu, tempe serta mentega dari kacang-kacangan (baiknya tentukan yang rendah lemak).


Kenapa utama untuk si kecil : Terutama padaada trimester ke-2 serta ketiga, si kecil memakai protein untuk perkembangan yang maksimal.


Dapatkan info yang lainnya tentang seputar kehamilan,bunda bisa kunjungi artikel kami lainnya, diantaranya :


Tanda – tanda hamil 1 minggu


Ciri – Ciri Fisik Orang Hamil



«

Ini lah persiapan kehamilan yang perlu di lakukanIni lah mitos seputar kehamilan

»


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *