• Berita Terbaru Teknologi

PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia (STI) pada akhirnya sukses mengantongi izin mengadakan jaringan 4G LTE di frekwensi 450Mhz dengan cara nasional. Ini satu diantara langkah perusahaan wujudkan pemerataan akses internet berkwalitas ke semua lokasi di Indonesia.

“Setelah lakukan persiapan sepanjang sebagian periode, STI tampak bersungguh-sungguh mendatangkan service 4G LTE yang bisa dihandalkan. Kami mengharapkan kurun waktu dekat ini, STI bisa mengambil langkah ke step setelah itu, ” ungkap Gunawan Hutagalung, Koordinator Tim Uji Laik Operasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos serta Informatika, Kementerian Komunikasi serta Info (KOMINFO) dalma info resminya.

Menurut dia, prinsip itu tampak sepanjang Uji Laik Operasi (ULO) di Serang.

Pada intinya, dengan cara trend dunia tak kurang 20 dari 115 operator CDMA 450Mhz telah berevolusi ke 4G LTE. Ciri-ciriistik frekwensi 450Mhz dengan keunggulan jangkauan sinyalnya, ditambah dengan kecanggihan tehnologi 4G LTE yang mempunyai keunggulan pada kecepatan.

Jangkauan tanda yang jauh bikin operator bisa melayani pasar yang dengan cara geografis susah dijangkau serta dengan cara ekonomis begitu mahal. Biasanya operator 450Mhz beroperasi di daerah spesial, seperti suburban serta pedesaan atau membidik market share yang begitu segmented seperti korporasi, Machine to Machine (M2M) serta yang lain.

Larry Ridwan sebagai Chief Executive Officer STI juga mengungkap, jangkauan tanda 4G LTE 450Mhz bisa meraih kian lebih 100km. Dengan ciri-ciriistik ini, STI semakin lebih konsentrasi membawa service 4G LTE ke daerah yang high permintaan low suplai.

” Kami tengah menyiapkan diri dalam soal infrastuktur jaringan, product, pemasaran termasuk juga meremajakan merk dagang Ceria, ” katanya.

Terkecuali pasar retail (B2C), STI juga melirik pasar B2B atau korporasi di ruang pelosok seperti perkebunan, pertambangan, logistik serta yang lain. STI bakal mulai meluncurkan service 4G LTE pada bln. April yang akan datang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *